membuat hello menggunakan codeigniter

Setelah berhasil mengetahui perbedaan dari codeigniter versi 1.x.x, versi 2.x.x dan versi 3.x.x saatnya mencoba menggunakan codeigniter untuk aplikasi yang pertama kali.

kali ini saya ingin membuat halaman utama yang akan memanggil function hello, yang secara default pada codeigniter 3 menampilkan halaman welcome yang akan memanggil function atau class welcome_message. 

pertama-tama kita buat file Hello.php kemudian isikan dengan code sebagai berikut :
<?php
 /**
  *  pelajaran pertama pembuatan halaman codeigniter
  */
 class Hello extends CI_Controller
 {
   function index()
   {
    $this->load->view('helloview');
   }
 }
tanpa menggunakan tag penutup pada php, karena akan di tutup dari framework codeigniter itu sendiri. kemudian letakkan file yang sudah kita buat pada folder application/controllers/.

pada kode diatas terlihat bahwa function berisi index() karena nantinya function Hello akan berada di dalam atau di bawah function index()

selanjutnya kita buat juga file yang akan dipanggil apabila function hello berjalan yaitu file helloview.php . Pada fungsi hello terlihat kode 
$this->load->view('helloview') ;
yang hal ini dimaksudkan memanggil file helloview, dalam hal ini adalah aplikasi php yang berarti helloview.php. kemudian isikan di dalam file supaya menunjukkan bahwa yang di panggil benar helloview.php sebagai berikut :

<?php
echo "selamat datang di pembelajaran codeigniter hari pertama <br/>";
echo "anda berhasil memanggil fungsi hello";
?>

karena ini merupakan view, maka letakkan file hellowview.php pada folder application/views/ 

untuk mencoba apakah yang kita buat sudah berjalan atau belum kita bisa melihat pada url http://192.168.100.180/ci/index.php/hello apabila sudah berhasil maka di halaman browser akan tampil 
selamat datang di pembelajaran codeigniter hari pertama
anda berhasil memanggil fungsi hello
karena ini adalah halaman awal, dan perkenalan maka saya ingin agar pemanggilannya fungsi hello tidak perlu dituliskan fungsinya pada url, maka buka file yang mengatur pemanggilan function index yang pertama adalah function hello dengan cara mengubah file application/config/routes.php yang sebelumnya seperti ini :
$route['default_controller'] = 'Welcome';
menjadi seperti berikut ini
$route['default_controller'] = 'hello';
kemudian buka kembali  http://192.168.100.180/ci/index.php maka akan langsung menampilkan function hello .

penjelasan mengenai route akan saya pelajari dan saya jelaskan juga pada pembahasan berikutnya :)

perlu dipahami pada uri http://192.168.100.180/ci/index.php bahwa Hello merupakan controller dan index merupakan fungsi, yang dalam hal ini fungsi index adalah fungsi default dari codeigniter.







0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
membuat hello menggunakan codeigniter